PMB 2021 Telah Dibuka! Semua Prodi di IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk Terakreditasi B

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk telah dibuka sejak akhir bulan Februari 2021. Kampus Islam terbesar di Kabupaten Nganjuk tersebut memiliki 9 Program Studi (Prodi) yang semuanya terakreditasi B.

Hal itu diungkap oleh Dr. H. Riduwan, M.Pd,I Rektor IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk. Rektor mengatakan, semua Prodi di kampusnya sudah terakreditasi B. “Per bulan Maret 2021 ini semua Prodi kita sudah selesai asesmen lapangan oleh BAN-PT dan alhamdulillah semua akreditasi B,” ungkapnya, Senin (29/3/2021).

9 Prodi yang dimaksud tersebar di 4 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI), Fakultas Ushuludin dan Studi Agama (FUSA), dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI).

“Di kampus kami ada 9 Prodi yaitu di FTIK ada Prodi PAI, PIAUD, PGMI. Kemudian di FSEI ada Prodi Ekonomi Syariah (ESy) dan Hukum Tata Negara (HTN). Di FUSA ada Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Prodi AKhlak Taswuf (AT). Lalu di FDKI ada Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Manajemen Dakwah (MD),” jelas Rektor.

Sementara itu, Ketua Panitia PMB Anam, M.Pd.I mengungkap, selain jalur reguler juga terdapat jalur beasiswa yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa. Beasiswa itu diantaranya beasiswa bidikmisi, beasiswa tahfidz, beasiswa prestasi, beasiswa Guru Madin, beasiswa Yayasan PADIe dan beasiswa KIP Kuliah.

“Semua informasi tentang beasiswa bisa diakses pada website PMB dengan url www.pmb.iaipd-nganjuk.ac.id. Di website sudah lengkap dengan jadwal dan alur PMB yang ditetapkan oleh panitia,” ucap Anam yang sekaligus sebagai Dekan FDKI.

Anam juga menjelaskan kelebihan kuliah di IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk. Salah satunya yaitu kuliah sambil bekerja. Artinya, mahasiswa tetap bisa mengikuti perkuliahan meski sedang bekerja. Sebab, di IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk memiliki sistem tersendiri agar keduanya tetap berjalan.

Mengingat masih dalam suasana pandemi, PMB Tahun 2021 ini dilaksanakan secara online. Semua calon mahasiswa diwajibkan daftar secara online melalui laman www.pmb.iaipd-nganjuk.ac.id.