Ujian Tesis Perdana S2 MPI IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk

Oleh:
Dr. M. Ali Anwar, M.Pd.I
(Dosen Pascasarjana IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk)

Iya, kampus tempat saya mengajar, tidak terasa sudah meluluskan angkatan pertama melalui sidang ujian tesis. Dari semua angkatan sudah ada 11 mahasiswa yang lulus ujian beberapa minggu ini.

Pascasarjana, prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk, yang turun SK-nya beberapa tahun lalu. Dan prodi MPI strata dua (S.2), ini melengkapi dari 4 fakultas yang terdiri dari 9 program studi stara satu (S.1).

Prodi MPI ini, disediakan dan bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas para pengelola lembaga pendidikan Islam. Baik madrasah formal, pondok pesantren, sekolah Islam, madrasah non formal semacam madrasah diniyah, taman pendidikan al-Qur’an dan sebagainya.

Apakah boleh untuk pengelola sekolah umum yang bersifat formal atau non formal ikut kuliah? Tentu boleh. Justru ada pengayaan tersendiri sebagai lulusan mahasiswa MPI yang mendapatkan kolaborasi ilmu dalam prespektif ke-Islaman. ke-Islaman yang bersumber dari al-Qur’an, hadist, serta sumber kekayaan kitab-kitab ke-Islaman.

Kakayaan presfektif ke-Islaman, karena belajar di kampus Islam dengan konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam. Fokus pengelolaan pendidikan dengan ruh managemen semangat nilai-nilai dari sumber dasar Islam.

Sumber dasar Islam sebagai pijakan dalam menggerakkan organisasi lembaga pendidikan, untuk mencapai mutu pendidikan yang berkualitas. Penataan melalui management dengan spirit ruh ke-Islaman.

Tentu bagi para lulusan yang sudah menjalani ujian tesis, yang rata-rata sudah menjadi pengelola lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan Islam maupun umum, tentu sudah bertambah bekal keilmuan dengan ruh spirit ke-Islaman yang terformat dalam management untuk pengelolaan lembaga pendidikan masing-masing.

Hal demikian, menjadi kontribusi tersendiri baik bagi kampus maupun mahasiswa yang sudah ujian, dalam memajukan dunia pendidikan di bidang mutu yang ada di lingkungan masing-masing. Kontribusi ini diharap mampu mendorong kemajuan lembaga pendidikan dengan cara pengelolaan yang lebih profesional dari kontribusi tersebut.

Selamat kepada para mahasiswa, yang sudah sukses menempuh menyelesaikan studi program Magister Management Pendidikan Islam (MPI), selanjutnya tugas saudara saudari semua untuk memajukan pendidik di lingkungan yang ada, dengan semangat ruh ke-Islaman dalam mengelola dan menata. Ikhtiar kerja keras jika dilandaskan pada agama (ke-Islaman) akan menjadi nilai ibadah.

Perkara jelek yang dikelola dengan baik akan bisa mengalahkan perkara baik yang tidak dikelola dengan baik. Maka hal baik (pendidikan) harus dikelola dengan baik. Dan juga akan menjadi wasilah dalam ibadah pengabdian kebaikan.

Mari untuk para pengelola lembaga pendidikan, yang belum menempuh kuliah S.2, segera bergabung. Tidak mahal. Dekat. Tetap bisa sambil berkerja.