Info Sekolah
Rabu, 19 Jul 6795
  • Selamat datang di IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk, Jawa Timur
  • Selamat datang di IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk, Jawa Timur
19 Januari 2020

Tingkatkan Kualitas Skripsi, Prodi PAI Adakan Seminar Penulisan Karya Ilmiah

Ming, 19 Januari 2020 Dibaca 238x Kegiatan Kampus / News

Kebanyakan mahasiswa mengalami kebingungan saat menentukan judul skripsi. Akibatnya, judul yang semestinya mampu menjawab problem keilmuan atau seharusnya bisa berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan jadi terkesan asal-asalan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro (IAI PD) Nganjuk mengadakan seminar pendidikan dengan tema penulisan karya ilmiah. Seminar ini bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (IMPAI) IAI PD Nganjuk.

Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PAI semester ganjil itu atas inisiatif mahasiswa sendiri terlebih semester 7 yang sebentar lagi menghadapi skripsi.

Menurut Ketua Prodi PAI Dr. Suhartono, M.Pd. beberapa mahasiswa tidak tahu bagaimana memilih judul skripsi yang baik dan benar. Bahkan diantara mereka ada yang meminta secara langsung untuk diadakan pelatihan penulisan karya ilmiah.

“Mahasiswa banyak yang konsultasi ke saya terkait judul skripsi dan ternyata banyak yang bingung. Bahkan ada yang merengek minta diadakan semacam pelatihan cara menulis skripsi,” tutur Suhartono yang juga dosen Pascasarjana IAI PD Nganjuk saat dikonfirmasi, Ahad (19/01/2020).

Seminar kali ini berlangsung di Aula IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk, Sabtu (18/01/2020) dengan menghadirkan tiga narasumber yang kompeten di bidang penulisan karya Ilmiah. Ketiga pemateri tersebut yaitu Dr. H. Soim, M.Pd.I (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan), Anik Indramawan, M.Pd (Kepala Lemlit Pers IAI PD Nganjuk) dan Dr. Suhartono, M.Pd. (Kaprodi PAI).

Baca Juga: Jangan Bingung! Begini Cara Mudah Membuat Skripsi

Lebih dari 300 mahasiswa mendapatkan ilmu bagaimana cara menentukan judul skripsi yang baik dan benar. Salah satu cara, kata Suhartono, menentukan judul skripsi yang baik itu berangkat dari rumusan masalah yang bisa didapat dari latar belakang penelitian. Peneliti harus paham betul konteks atau pesoalan yang akan diteliti sehingga rumusan masalah dapat teridentifikasi dengan mudah. Setelah itu baru menentukan judul penelitian.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Agenda Terbaru

28
Agu 2023
waktu : 08:00
13
Agu 2023
waktu : 08:00
29
Des 2019
waktu : 07:45

Pengumuman

Terbit : 1 September 2023
Lowongan Dosen Prodi KPI IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk Tahun 2023
LOWONGAN DOSEN Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk sedang membuka lowongan dosen untuk mengisi..
Terbit : 8 Juni 2022
Pendaftaran Beasiswa Prestasi dan Tahfidz 2022 Sudah Dibuka
Beasiswa Prestasi dan Tahfidz Institut Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk tahun 2022 telah dibuka. Pengumuman..
Terbit : 2 September 2021
Lowongan Kerja Tenaga Kependidikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk kembali membuka lowongan kerja untuk menempati beberapa posisi sebagai TENAGA KEPENDIDIKAN TETAP. Hal..